LAYER MASK

Salah satu cara mudah untuk menggabungkan 2 buah gambar adalah dengan menggunakan layer mask, Proses masking sendiri adalah suatu pembentukan objek dengan menghilangkan sebagian objek.

Kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai bagaimana cara mengaplikasikan layer mask untuk menggabungkan dua gambar terpisah menjadi satu gambar utuh dan terlihat realistis. sebagai contoh, kita akan coba membuat gambar kawan saya menjadi memar dengan mengambil bagian memar dari objek gambar lain. langsung aja…


  • masukkan gambar yang yang akan dijadikan objek ke layer (Ctrl + O)
  • Masukkan gambar orang yang bagian matanya memar, seperti contoh dibawah ini. caranya, pada Menu Bar, klik File > Place > lalu browse gambar memar yang mau dimasukkan.

  • Pastikan layer “memar” dalam keadaan terpilih, lalu klik ikon Add Layer Mask pada layer palette, maka akan tercipta sebuah layer bantu pada layer memar dengan tampilan kotak berwarna putih.

  • pilih layer kotak berwarna putih tsb lalu pilih Brush Tool (B), pada menu Option dibagian atas, atur besar kuas brush, Hardness (tingkat ketegasan kuas brush) dan opacity dari brush tersebut.
  • Selanjutnya, pastikan warna hitam sebagai warna forground. karna Hitam akan didefinisikan sebagai warna yang hilang (tidak tampak) dalam layer mask. Kemudian usapkan layer brush pada gambar memar untuk menghapus bagian yang tidak memar dan menyisakan bagian yang memar.Perbesar dan perkecil ukuran masing-2 opsi tersebut sesuai dengan keperluan pada objek. lakukan step tersebut hingga hanya objek bagian memar yang tersisa.

  • Pada menu bar, pilih Image > Adjustment > Level (Ctrl + L) untuk menyesuaikan warna memar. pergelap objek memar dengan menggeser tanda panah hitam di ujung bagian kiri ke arah kanan.

  • dan hasilnya kira-kira akan seperti ini

SEMOGA BERMANFAAT….